Perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 10
Teknologi

Perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 10

Namikim – Sebagai pembuat smartphone yang tak kenal lelah dalam menghadirkan produk murah berkualitas, Xiaomi kembali mengejutkan para penggemar perangkat dengan seri Redmi Note 10. Pasalnya dengan harga semurah ini, pengguna benar-benar dimanjakan dengan kualitas dan fungsionalitas ponsel mahal. .

Di sisi lain, Redmi Note 10 merupakan generasi lanjutan dari Redmi Note 9 yang dirilis pada tahun 2020 dan masih berada di kisaran harga yang sama.

Perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 10

Tidak perlu khawatir dengan kualitas Redmi Note 9 dan Note 10. Keduanya juga layak menyandang status raja entry-level. Namun jika ingin tahu persis mana yang lebih layak dari keduanya, simak saja poin perbedaannya berikut ini.

1.IPS vs. Super AMOLED

Melihat harga Redmi Note 9 dan Redmi Note 10, semua orang pasti mengira hanya disuguhkan dengan panel layar IPS. Soalnya, jenis panel ini sebenarnya yang paling umum di antara speaker entry level. Namun ternyata Redmi Note 10 dibekali Super AMOLED dengan kecerahan yang tajam dan rasio kontras yang tinggi.

Ini adalah fitur yang jarang ditemukan di HP dengan harga Rs 2 crore. Selain mampu memaksimalkan hasil tampilan di layar, panel Super AMOLED ini juga dinilai lebih hemat dalam penggunaan baterai. Sedangkan untuk Redmi Note 9, sayangnya ponsel ini hanya dibekali panel IPS biasa.

Perbedaan layar tidak berakhir di situ. Redmi Note 10 yang hadir sebagai penerus juga memiliki ukuran panel yang sedikit diperkecil menjadi 6,43 inci. Padahal, Redmi Note 9 lebih besar yakni 6,53 inci.

2.MediaTek Helio G85 vs. Qualcomm Snapdragon 678

Jika Redmi Note 9 dibekali chipset MediaTek, kali ini Xiaomi menghadirkan SoC canggih dari Qualcomm. Tepatnya, Redmi Note 10 ditenagai oleh Snapdragon 678, sedangkan Note 9 menggunakan Helio G85. Namun jangan salah, kehadiran Helio G85 di Note 9 sudah cukup mumpuni di kategori harganya.

Namun, skor AnTuTu v8 yang terpampang di laman GSM Arena menunjukkan bahwa Redmi Note 9 hanya mencetak 200.414 poin dibandingkan Redmi Note 10 yang mencapai 218.788 poin. Perbedaan ini tentu tidak terlalu mengejutkan. Namun jika Anda bertanya-tanya mana dari kedua ponsel ini yang lebih bertenaga, jawabannya tentu saja Redmi Note 10.

3.Versi Corning Gorilla Glass

Pada awalnya, lapisan pelindung Corning Gorilla Glass hanya tersedia untuk HP di kategori harga yang lebih mahal. Tapi namanya juga Xiaomi, tentunya perusahaan asal China ini juga berhasil memberikan Gorilla Glass 5 di layar Redmi Note 9, meski harganya murah.

Bagaimana dengan penerusnya, Redmi Note 10? Ternyata malah ada downgrade dari GG5 ke Gorilla Glass 3. Menurut laman Nextpit.com, Corning Gorilla Glass 3 di Redmi Note 10 hanya bisa melindungi layar ponsel dari goresan. Sementara itu, Gorilla Glass 5 pada Redmi Note 9 mampu melindungi ponsel jika terjatuh dari ketinggian hingga 1,6 meter.

4.Lokasi Pemindai Sidik Jari

Redmi Note 10 memiliki layar Super AMOLED, tetapi ternyata perusahaan tidak memasang pemindai sidik jari di layar (sidik jari di bawah layar). Sebagai gantinya, Redmi Note 10 dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang dipasang di samping, juga disebut di samping bodi dan terpasang di tombol daya.

Setidaknya masih lebih baik dari Redmi Note 9 yang masih memiliki sensor sidik jari di belakang bodinya. Beberapa orang memiliki preferensi mereka sendiri, tetapi tidak dapat disangkal bahwa menempatkan sensor ke samping akan terlihat lebih alami di jari Anda. Selain itu, sensor samping membuat bodi belakang terlihat lebih tajam dan bersih.

5.Kapasitas Baterai & Fast Charging

Bukan Xiaomi jika tidak menampilkan kapasitas baterai jumbo di setiap produknya. Termasuk Redmi Note 9 misalnya yang dibekali baterai LiPo non-removable berkapasitas 5020 mAh. Redmi Note 10 juga serupa, tetapi kapasitasnya sedikit turun menjadi hanya 5.000 mAh.

Xiaomi mengklaim bahwa Redmi Note 10 dapat diisi hingga 50% hanya dalam waktu 25 menit. Kemampuan pengisian cepat juga dimiliki oleh GSM Arena, yang mengatakan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk perangkat mencapai 65%.

Sedangkan untuk pengisian penuh, Redmi Note 10 hanya membutuhkan waktu 1 jam 13 menit, sedangkan Redmi Note 9 membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam.

6.Single vs. Stereo Speaker

Redmi Note 10 pasti menarik perhatian para penggila perangkat, karena memiliki beberapa spesifikasi aneh yang membuatnya terlalu murah. Selain menggunakan layar Super AMOLED, sentimen itu juga berlaku pada fungsi speaker stereo yang dimilikinya.

Menurut GSM Arena, kualitas suara dari speaker stereo ini cukup baik dengan skor volume suara -26.2 LUFS. Sumber juga mengklaim bahwa kualitas suara dari speaker ini tampak sedikit terdistorsi ketika mencapai volume maksimum. Tapi hei, berharap menggunakan speaker stereo pada ponsel murahan seperti itu terlalu bagus, tahu?

Jika itu Redmi Note 9, ya, seperti yang bisa Anda tebak. Ponsel ini masih menggunakan single speaker layaknya HP entry level secara keseluruhan. Namun bukan berarti kualitas speakernya buruk, karena GSM Arena juga mengatakan kualitas secara keseluruhan cukup baik dengan vokal yang jernih. Meskipun suaranya cukup datar.

7.Ketersediaan IP Rating

Redmi Note 9 dan Note 10 memiliki ketahanan air tubuh, tetapi dengan cara yang berbeda. Redmi Note 9, misalnya, hanya dilapisi lapisan anti air yang membuatnya cukup tahan air. Namun, ini tidak seberapa dibandingkan dengan Redmi Note 10 yang sudah memiliki rating IP53.

Peringkat IP53 itu sendiri tidak berarti tahan air, itu hanya membuatnya tahan percikan. Tak terbayangkan ponsel seharga Rp 2 jutaan sudah menggunakan IP rating, lagi-lagi ini prestasi Xiaomi dalam menaikkan standar dengan harga murah.

8.Desain dan Bobot Bodi

Tahun baru tentunya menjadi saat yang tepat untuk memperkenalkan desain bodi yang segar dan berani. Redmi Note 10 juga mendapat tampilan baru, menggunakan desain modul kamera dengan efek timbul di sekelilingnya. Sepertinya memang didesain agar ponsel tidak terlalu goyang saat diletakkan di atas meja.

Desain Redmi Note 9, tapi bukan berarti tidak bagus. Pada kamera belakang terdapat lensa yang diletakkan di tengah untuk memberikan kesan simetris. Namun, akan lebih baik jika bukan karena sensor sidik jari belakang.

Dari segi bobot juga, Redmi Note 9 terlihat cukup berat dengan bobot yang mencapai 199 gram. Redmi Note 10 masih lebih ringan 178,8 gram, sehingga lebih nyaman digenggam meski dalam waktu lama.

9.Dukungan Resolusi Perekaman Video

Jika Anda seorang videografer profesional, biasanya Anda perlu mengambil rekaman video beresolusi tinggi agar tidak terlihat buram saat dilihat di layar laptop atau TV. Redmi Note 10 lebih unggul dalam hal ini karena mendukung resolusi perekaman video hingga 4K pada 30 FPS.

Tentu berbeda dengan Redmi Note 9 yang hanya mendukung resolusi hingga 1080p. Sebagai informasi, kedua ponsel dibekali dengan pengaturan quad camera yang sama, yakni lensa utama 48 MP + ultra wide angle 8 MP + makro 2 MP + depth sensor 2 MP.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru